Cara Mudah Merawat Mesin Motor Injeksi Terbaru

Motor Injeksi Terbaru - Perkembangan teknologi sistem perangkat lunak dari tahun ke tahun mengalami kemajuan yang bisa dikatakan begitu signifikan, kecanggihan perangkat elektronik bukan hanya milik gadget smartphone ataupun perangkat elektronik lainya. Dunia otomotif juga tak mau
kalah dalam mengembangkan sebuah sistem elektronik yang bisa di aplikasikan untuk motor, ECU (Engine Control Unit) adalah salah satuteknologi terbaru yang disematkan kedalam motor tipe injeksi terbaru saat ini.

Memiliki kendaraan bermotor merupakan suatu hal yang sangat diinginkan oleh sebagian orang, entah itu sepeda motor bebek, sepeda motor matic terbaru dan bisa juga sepeda motor sport terbaru dan terbaik. Tergantung kebutuhan dan budget yang dikeluarkan untuk membeli sepeda motor terbaru tersebut.
Cara Mudah Merawat Mesin Motor Injeksi Terbaru
Mesin Motor Injeksi Terbaru
Sepeda motor terbaru saat ini yang paling banyak diminati ialah sepeda motor jenis injeksi terbaru. Selain harga motor sangat terjangkau bagi sebagian kalangan masyarakat, perawatan motor tipe injeksi juga sangat mudah dan efisien. Selain itu, kehadiran sepeda motor berteknologi canggih semakin mendongkrak gairah pasar otomotif di Indonesia, khususnya sepeda motor bermesin injeksi,

Pengertian Sepeda Motor Injeksi Terbaru

Seringkali kita mendengar tentang teknologi injeksi beserta kelebihan dan kekurangan sepeda motor jenis injeksi yang dimilikinya. Mungkin sebagian besar pecinta otomotif sudah paham betul arti injeksi, akan tetapi masih banyak pula yang awam tentang pengertian injeksi dan cara kerja motor tipe injeksi, yang mereka tahu hanya sebatas dari mulut ke mulut bahwa motor bermesin injeksi itu lebih irit bahan bakar, performa mesin yang bagus serta ramah lingkungan.

Motor dengan sistem Fuel Injection adalah suatu metode pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Bahan bakar yang akan dibakar bersamaan dengan udara di dalam ruang pembakaran itu diproses dengan penyemprotan atau pengkabutan bahan bakar yang dilakukan oleh komponen injeksi yang bernama Injector.
Sepeda Motor tipe Injeksi Terbaru
Injeksi Motor
Keuntungan dari pengkabutan yang diperoleh secara langsung ialah untuk proses percampuran bahan bakar dengan udara itu semakin bagus dan hasilnya dapat diperoleh pembakaran bahan bakar yang lebih sempurna.
Hasil dari proses pembakaran yang sempurna ini sangat bermanfaat untuk performa kinerja mesin injeksi itu sendiri, yaitu tenaga motor yang dihasilkan oleh mesin lebih maksimal karena proses pengolahan bahan bakar yang lebih sempurna, selain itu juga lebih ramah lingkungan.

Motor dengan sistem ini adalah sistem yang bisa dibilang suatu teknologi yang memiliki keunggulan lebih baik jika dibandingkan dengan komponen pengolah bahan bakar karburator. karena pada sistem injeksi itu dilengkapi dengan sebuah komponen pendukung sistem injeksi yang canggih.

Memahami Cara Kerja Motor Injeksi Terbaru

Kecanggihan teknologi sepeda motor saat ini berkembang sangat pesat. Ada banyak sekali inovasi teknologi terbaru yang diaplikasikan kedalam sepeda motor, adapun teknologi terbaru sepeda motor tersebut yaitu teknologi motor Fuel Injection.

Cara kerja motor injeksi merupakan teknologi terbaru yang disematkan pada motor terbaru yng berbasis Fuel Injection. System injeksi adalah sebuah metode pencampuran udara dengan bahan bakar dalam kendaraan bermotor agar menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna.
Cara Kerja Motor Tipe Injeksi
Cara Kerja Injeksi Motor
Didalam sistem motor jenis injeksi terdapat beberapa bagian komponen injeksi yang sangat erat kaitanya, bagian pertama yang sangat penting dalam menunjang cara kerja motor jenis injeksi terbaru antara lain. Pada sistem injeksi terdapat beberapa Sensor yang bertugas mendeteksi kondisi mesin motor dan lingkungan disekitar.

Bagian yang kedua adalah, didalam sistem injeksi terdapat komponen injeksi yang bernama Actuator atau bisa disebut sebagai komponen penunjang sistem injeksi yang bertugas sebagai pelaksana kerja sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh kontrol dari sistem injeksi tersebut.

Bagian ketiga, bahwa didalam sistem motor jenis injeksi itu terdapat sebuah kontrol atau sebuah otak dari semua sistem injeksi yaitu ECU ( Engine Control Unit ). Fungsi dari ECU tersebut adalah sebagai penerima laporan dari sensor dan menyuruh komponen injeksi yang bernama Actuator untuk bekerja sesuai dengan kondisi mesin dan lingkungan yang datanya didapat dari laporan komponen sensor.

Sistem injeksi ini memerlukan komponen sistem injeksi yang bernama injektor. Komponen injektor inilah yang bertugas untuk menyuplai campuran udara dengan bahan bakar, teknologi motor tipe injeksi adalah teknologi penerus dari sistem karburator kendaraan bermotor.
Simak juga ulasan: Cara Servis Injektor Motor Injeksi Dengan Mudah
Untuk tipe pembakaran pada motor yang berjenis karburator, tentu kendaraan tersebut membutuhkan penyetelan yang tepat agar bisa mendapatkan campuran antara bahan bakar dengan udara yang pas. Begitu juga pada sistem pembakaran injeksi juga sudah terprogram secara otomatis sehingga mendapatkan setingan yang pas dan optimal.

Cara Merawat Mesin Motor Injeksi

Memiliki sebuah kendaraan bermotor wajib bagi juga untuk melakukan perawatan dengan baik, agar motor yang kita miliki tetap dalam kondisi prima dan awet. Merawat sepeda motor dengan teknologi Injeksi ini memang harus dilakukan dengan teliti dan seksama, sebetulnya bukan hanya cara merawat motor tipe injeksi saja.

Semua jenis kendaraan bermotor juga perlu perawatan, namun cara merawat mesin motor tersebut sedikit berbeda. Tujuan utama cara merawat motor adalah untuk menjaga kinerja motor tetap dalam kondisi prima dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih fatal. Berikut tips merawat motor injeksi baru yang bisa dilakukan dengan mudah.
  • Periksa Kondisi ECU
Enggine Control Unit (ECU)adalah pusat dari pengoperasian sistem Injeksi pada motor. Keseluruhan unit Injektor baik takaran bahan bakar yang disemprotkan maupun buka tutup klep injektor diatur oleh ECU.

Jadi apabila sistem ini terganggu maka kinerja injektor pada motor jenis injeksi juga tidak akan berjalan dengan baik dan bisa mengakibatkan motor mogok. Untuk itu sebaiknya memeriksa ECU secara berkala kepada ahlinya seperti montir atau mekanik agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang berakibat fatal.
  • Gunakan Selalu Bahan Bakar Terbaik
Cara merawat motor injeksi paling mudah, dengan menggunakan bahan bakar ber-oktan tinggi akan menyempurnakan pembakaran didalam mesin motor. Untuk motor jenis injeksi memang dianjurkan untuk memakai bahan bakar kualitas terbaik.

Hal ini disebabkan karena kinerja mesin juga akan berpengaruh, jika menggunakan bahan bakar berkualitas rendah dan akan meninggalkan kerak pada sistem injeksi serta akan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin. Selain itu bahan bakar yang berkualitas buruk ditambah dengan oktan booster serta spesifikasi yang tidak sesuai akan menyebabkan tersumbatnya lubang Injektor.
  • Gunakan Selalu Oli Mesin Terbaik
Didalam cara servis injeksi manual Oil motor juga harus diperhatikan. Gantilah oli motor terbaik ketika motor telah menempuh jarak 1.000 km.
  • Periksa Kondisi Aki Motor
Perawatan motor berinjeksi yang benar juga harus sangat memperhatikan kondisi aki motor, sebab motor dengan teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi Aki sebagai penghidup mesin pada sistem pembakarannya. Untuk itu bagi yang memiliki sepeda motor jenis injeksi harus sering-sering periksa kondisi aki motor.
  • Periksa Kondisi Busi Motor
Cara merawat motor jenis injeksi sendiri yang berikutnya dengan memeriksa kondisi Busi motor. Karena busi merupakan pematik api yang sangat dibutuhkan dalam proses pembakan pada mesin, jika terjadi kerusakan pada busi motor maka proses pembakara pada mesin tidak akan sempurna dan mengakibatkan mesin tidak akan menyala dengan baik.
  • Periksa Bahan Bakar dalam Tangki
perawatan motor tipe injeksi yang benar dengan cara memeriksa bahan bakar didalam tangki motor. Jangan sampai bahan bakar pada tangki motor habis ketika sedang dikendarai. Hal tersebut juga dapat merusak sistem injektor pada injeksi.
  • Servis Motor Injeksi Secara Rutin
Tips merawat motor tipe injeksi yang selanjutnya ialah dengan cara servis motor jenis injeksi secara berkala, yakni setiap 3.000km atau sesuai dengan buku pentujuk servis. Lebih baik melakukan servis motor setiap sebulan sekali untuk mengecek kondisi motor.
Lihat lebih detail: Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi Terbaru
Perawatan sepeda motor yang menggunakan karburator dengan injeksi tidak jauh berbeda. Kalaupun ada perbedaan hanya pada bagian tertentu, perawatan ini bertujuan untuk menjaga agar kinerja motor dengan sistem injeksi tetap prima selain itu juga untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih fatal. Itulah cara merawat motor injeksi terbaru biar awet.

0 Response to "Cara Mudah Merawat Mesin Motor Injeksi Terbaru"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di OtoBiker.com, silahkan berkomentar dengan sopan.