Fungsi Busi Motor dan Jenis Busi Motor Terbaik

Busi Motor Terbaik merupakan satu dari sekian banyak onderdil yang terdapat pada kendaraan bermotor, busi sepeda motor dalam bahasa Inggris ialah Spark Plug. Adalah bagian terpenting dalam sistim kelistrikan pada motor, secara singkat cara kerja busi dan fungsi busi bertugas untuk memercikan bunga api didalam ruang bakar yang terlebih dulu diolah oleh karburator motor dan kompresi ruang pembakaran.
Fungsi Busi Motor dan Jenis Busi Motor Terbaik
Jenis Busi Motor Terbaik
Didalam sistem pengapian fungsi busi  adalah untuk memercikkan bunga api yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah dikompresi. Busi memiliki 2 elektroda, yakni elektroda tengah dan elektroda negatif (masa).

Setelah arus listrik dibangkitkan oleh ignition coil (koil pengapian) menjadi arus listrik tegangan tinggi, kemudian arus tersebut mengalir menuju distributor kabel busi dengan tegangan tinggi. Pada busi arus melompat dari elektroda tengah ke elektroda negatif (masa) sehingga menimbulkan loncatan bunga api yang dibutuhkan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar.

Ukuran busi sepda motor memang mempunyai bentuk yang relatif kecil sehingga terkadang kondisinya sering dilupakan dari perhatian pemilik motor. Komponen ini membutuhkan perhatian dan perawatan yang rutin karena jika busi bermasalah maka motor akan mogok atau tidak bisa hidup secara normal.

Gantilah busi secara berkala kurang lebih setiap 20.000km, hal ini bertujuan untuk menjaga agar peran busi pada sistem pengapian tetap dalam kondisi prima.

Ada beberapa akibat jika busi tidak berfungsi dengan baik, sudah jelek atau rusak (mati), diantaranya. Tarikan mesin loyo dan ngadat, tidak bertenaga, mesin sering mati sendiri, mesin motor sulit dihidupkan. Dan jika dikaitkan dengan emisi gas buang maka kandungan HC akan meningkat karena bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna.

Jenis Busi Motor Terbaik

Salah satu onderdil yang penting dalam sepeda motor adalah busi. Pemakaian busi yang tepat pada mesin sepeda motor akan memberikan performa mesin yang lebih baik, walaupun dalam pemakaiannya masih harus memperhatikan beberapa faktor lain seperti kondisi suhu lingkungan sekitar. Untuk itu kenali lebih dulu jenis busi kendaraan bermotor yang akan digunakan.

Sama seperti spareparts lainnya, lambat laun performa busi akan mengalami penurunan kualitas. Jika kondisi busi sudah seperti itu, maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah mengganti busi lama dengan busi sepeda motor yang baru.

Jenis busi sepeda motor ini tidak berupa satu jenis saja, terdapat beberapa busi yang tersedia dijual bebas. Masing-masing busi tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda, selain itu harga busi motor tidaklah sama. Apa saja tipe busi sepeda motor yang beredar di Indoneisa tersebut, silahkan simak ulasanya dibawah ini:

Busi Motor Terbaik untuk Harian

  • Busi Standart
Busi kendaraan bermotor ini merupakan bawaan asli dari pabrikan produsen motor. Ukuran busi ini memiliki diameter center electrode rata-rata 2,5 mm, pada bagian ujung elektroda terbuat dari nikel.
Busi NGK Standar
Busi NGK Standar
Busi standart bisa dipakai sampai jarak 20 ribu km, jarak tersebut berlaku ketika kondisi pembakaran yang normal dan tidak dipengaruhi oleh faktor lain seperti oli mesin dan konsumsi BBM yang berlebihan. Harga busi Standart ini relatif sangat terjangkau, murah dan juga berkualitas.
  • Busi Iridium
Busi tipe ini diutamakan untuk mesin motor non standar. Ciri khasnya ialah, ujung elektroda yang terbuat dari nikel dan center elektroda dari iridium alloy warna platinum buram.
NGK Iridium
Busi NGK Iridium
Ukuran busi motor ini berdiameter center elektroda 0,6 mm hingga 0,8 mm. Harga busi Iridium ini relatif sangat terjangkau dan tidak terlalu mahal, umur busi berkisar 50 ribu hingga 70 ribu km. Jenis busi ini cocok buat mesin motor berkapasitas besar di atas 150CC.
  • Busi Platinum
Busi ini paling banyak digunakan oleh para biker dan para penggemar touring motor. Pasalnya, umur busi sepeda ini bisa mencapai jarak 30 ribu km. Ukuran busi sepeda motor memiliki center elektroda 0,5 mm hingga 0,8 mm.
NGK Platinum
Busi NGK Platinum
Ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode dari platinum, sehingga pengaruh panas ke metal platinum lebih kecil. Harga busi Platinum ini relatif cukup terjangkau tidak terlalu mahal.
  • Busi Resistor
Busi sepeda motor tipe ini sering membuat bingung para konsumen karena memiliki logo huruf R latin dengan font miring. Sehingga banyak pengendara motor yang mengira arti huruf R tersebut ialah busi Racing.
NGK Resistor
Busi NGK Resistor
Sebenarnya huruf R itu artinya resistor. Busi jenis ini dipakai bagus untuk melindungi perangkat elektronik digital, berupa speedometer dan lainnya. Maka busi motor terbaik ini cocok sebagai perlindungan perangkat elektronik digital motor. Harga busi Reistor ini dibanderol sedikit lebih mahal, mengingat fungsi dan kegunaanya yang sangat multi fungsi.
  • Busi Racing
Busi motor ini didesain dan dibuat dengan bahan yang tahan terhadap tekanan kompresi tinggi serta temperatur mesin yang sangat tinggi dan digunakan untuk bisa mengimbangi pemakaian full throttle dan fullspeed khusus untuk motor balap yang beakselarasi tinggi.
NGK Racing
Busi NGK Racing
Ukuran busi Racing terbaik ini memiliki diameter ujung elektroda yang relatif kecil dan meruncing. Umur busi relatif lebi pendek antara 20 ribu hingga 30 ribu km. Harga busi Racing ini sangat bervariasi, tergantung merk dan kualitas busi racing tersebut.
Baca lebih lengkap: Kode Busi Motor dan Ukuran Busi Standart
Itulah artikel tentang fungsi dan tipe Busi Motor Terbaik onderdil yang perawatannya sering terabaikan dan terlupakan dan mempunyai andil yang penting. Rawat dan gantilah busi sepeda motor jika memang sudah waktunya untuk diperbarui.

0 Response to "Fungsi Busi Motor dan Jenis Busi Motor Terbaik"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di OtoBiker.com, silahkan berkomentar dengan sopan.