Cara Servis Injektor Motor Injeksi dengan Mudah

Servis Injektor Motor Injeksi - Memiliki motor terbaru merupakan dambaan setiap orang, seiring perkembangan teknologi kendaraan bermotor dari tahun ketahun mengalami kemajuan yang sangat pesat. Terutama disektor pengkabutan bahan bakar, hampir semua pabrikan sepeda motor saat ini memproduksi motor dengan mengaplikasikan pengolah bahan bakar dengan sistem injeksi daripada menggunakan tipe karburator, hal itu dikarenakan motor dengan sistim injeksi lebih efisien dan praktis perawatanya.
Cara Servis Injektor Motor Injeksi dengan Mudah
Servis Injektor Motor Injeksi
Sebagian besar para pengguna motor menyatakan, bahwa cara merawat motor injeksi itu lebih mudah dan cepat, jika dibandingkan dengan servis motor yang menggunakan sistem karburator. Yang harus membongkar dan membersihkan karburator secara rutin di bengkel, berbeda dengan motor yang sudah mengadopsi ECU dan injeksi.

Cara servis injektor bisa dibilang sangat mudah dan praktis, asalkan mengikuti petunjuk buku pedoman servis motor yang telah diberikan oleh tiap pabrikan motor dan tanpa banyak membutuhkan alat servis motor secara khusus.

Cara servis motor tanpa alat servis seperti punya dealer yang paling mudah ialah dengan selalu memperhatikan kondisi injektor motor. Injektor ini fungsinya seperti pilot jet dan main jet pada karburator motor, yang bertugas menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar.

Injektor tersebut kerjanya dibantu oleh ECU yang memberikan perintah pada injektor, seberapa banyak bahan bakar yang disemprotkan.

Secara sederhana, fungsi Injektor yaitu, untuk menyemprotkan bahan bakar kedalam ruang bakar dengan merubah partikel menjadi kabut. Dengan proses pengkabutan tersebut bensin akan dapat mudah terbakar didalam ruang pembakaran.

Dan injektor tidak menghisap BBM dengan sendirinya, melainkan bahan bakar mengalir ke injektor, karena akibat adanya tekanan dari Fuel Pump. Jadi kalau tidak ada Fuel Pump injektor tidak akan berfungsi dengan baik dan maksimal.

Cara Servis Injektor Motor Injeksi

Injektor sepeda Motor
Injektor Motor
cara membersihkan injektor tanpa membutuhkan banyak peralatan bengkel motor. Servis injektor wajib dilakukan, mengingat fungsi injektor motor yang cukup penting demi kenyamanan saat berkendara, jika melihat kualitas dan kebersihan bahan bakar minyak yang beredar kurang begitu baik.

kebanyakan BBM yang ada di sekitar kita masih tercampur dengan sedikit kotoran dan debu sehingga terkadang kadang membuat system kerja injeksi terkendala terutama bagian injektor. Sebagian besar pemilik dealer dan produsen motor mengatakan. Jika motor tipe injeksi yang sering menggunakan bahan bakar yang berkualitas buruk, maka komponen injektor akan rentan dihinggapi kerak atau kotoran, hal itu yang mengakibatkan kualitas penyemprotan bahan bakar menjadi kurang maksimal.

Jika dibiarkan masalah tersebut akan menimbukan penurunan performa mesin motor, maka dari itu sangat dianjurkan untuk memperhatikan serta Servis Injektor Motor Injeksi secara berkala, baik itu servis motor injeksi di bengkel biasa ataupun juga di bengkel resmi rekomendasi pabrikan motor biaya servis injeksi juga tidak terlalu mahal.

Perlu ketahui jika masing-masing injektor mempunyai kapasitas penyemprotan dengan hitungan per-menit. Jadi spesifikasinya berbeda-beda pada setiap kendaraan bermotor. Pada motor jenis injeksi, untuk menentukan jumlah banyaknya bahan bakar yang disemprotkan bukan dari besarnya lubang di injektor, melainkan di seting melalui ECU yang akan memerintahkan injektor.

Jika pada motor tipe injeksi Suzuki, setelah menempuh jarak hingga 20000 km sangat dianjurkan untuk segera membersihkan injektornya. Apabila kondisi motor memang sudah mulai menurun performanya sebelum jarak tempuh tersebut maka sebaiknya mengecek kondisi injektor.

Dari pabrikan Yamaha juga mengungkapkan hal yang sama. Disarankan setiap menempuh jarak hingga 10000 km atau mencapai 1 tahun, injector harap dibersihkan, karena pada umumnya kualitas bahan bakar yang beredar di Indonesia dinilai masih kurang baik.

Jadi pembersihan secara rutin itu perlu, salah satunya pembersihan bagian throttle body dan injector motor hal itu juga salah satu cara servis motor tipe injeksi sendiri.
Simak juga ulasan: Tips Cara Service Motor Injeksi Sendiri dengan Mudah
Sedangkan dari pihak Honda sendiri punya pandangan berbeda mengenai masalah injektor sepeda motor. Rata-rata kerak atau deposit yang diakibatkan oleh hasil pembakaran, sementara posisi injektor Honda jauh dari ruang pembakaran.

Oleh karena itu khusus untuk motor jenis injeksi Honda tidak perlu membersihkan injektor secara rutin, kecuali jika memang motor telah lama tidak terpakai, sisa bahan bakar yang lama menempel pada saluran bahan bakar bisa berubah menjadi deposit atau kerak. Dan cara servis motor tipe injeksi sendiri tanpa kebengkel.

Servis Injektor Motor Injeksi Dengan Mudah

Injektor sepeda Motor
Injektor Motor Injeksi
Meski minim perawatan, namun bukan berarti injektor tidak perlu dibersihkan. Apalagi pada umumnya kualitas bahan bakar masih kurang baik, salah satu cara praktis membersihkan injektor dengan menggunakan cairan pembersih injektor yang sudah banyak beredar di toko-toko sparepart motor. Simak ulasan servis motor tipe injeksi berikut ini. Sebagai panduan servis motor untuk segala merk motor jenis injeksi.
  • Servis Injektor Motor Injeksi Dengan Carbon Cleaner
Cara yang paling praktis ialah dengan menggunakan cairan carbon cleaner. Biaya servis injeksi Vixion juga murah, hanya dengan mencampurkan cairan kimia tersebut ke dalam tangki bahan bakar, kotoran yang berada pada injektor akan terkikis dan hilang.

Cara untuk menggunakannya sangat mudah sekali, tinggal mencampurkan cairan tersebut ke dalam tangki yang berisi bahan bakar antara 3.5 liter hingga 5 liter dan lakukan setiap 3000 km sekali. Jika kita tidak sempat atau tak mempunyai banyak waktu, servis motor sistem injeksi di bengkel biasa dengan cara ini juga bisa.
  • Servis Injektor Motor Injeksi Dengan Cara Infus
Banyak bengkel resmi yang menawarkan pembersihan injektor dengan cara ini. Prosesnya yaitu menjadikan cairan carbon cleaner sebagai bahan bakar lalu di inject menggunakan alat khusus seperti peralatan infus. Cara kerjanya ialah, selang bahan bakar dilepas kemudian disambungkan dengan tabung khusus yang sudah diisi oleh cairan carbon cleaner.

Pada tabung tersebut diberi udara bertekanan dari kompresor untuk memasukan carbon cleaner ke dalam ruang bakar. Mesin di hidupkan lalu sambil menahan putaran mesin antara 1000RPM. Cara tersebut hanya memakan waktu kurang dari 10 menit, sampai cairan carbon cleaner habis dan mesin akan mati dengan sendirinya. Metode tersebut bisa di lakukan setiap 10000 km.
  • Servis Injektor Motor Injeksi Dengan Injektor Cleaner
Cara Membersihkan injektor dengan alat Injektor Cleaner ini memang cukup rumit dan hanya bisa di lakukan di bengkel resmi. Hal tersebut di karenakan injektor harus dilepas dan kemudian dimasukan sebuah alat yang bernama injektor cleaner dan tester. Setelah di masukan kedalam alat tersebut maka kita akan mengetahui berapa debit tekanan injektor tersebut.

Kalau kurang dari angka standar maka kemungkinan bisa di sebabkan oleh injektor kotor. Jika injektor kotor maka langkah selanjutnya injektor akan di rendam dengan cairan khusus dan diberi getaran ultrasonic untuk membersihkan kotoran yang berada dalam injektor.

Servis motor jenis injeksi di bengkel biasa tidak bisa melakukanya karena rata-rata bengkel biasa tidak mempunyai Injektor Cleaner, peralatan bengkel motor tipe injeksi seperti diatas.
Lihat selengkapnya: Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi Terbaru
Itulah kiranya cara Servis Injektor Motor Injeksi dengan mudah, jika ingin yang praktis dan cepat. Lakukan dengan cara yang pertama, servis motor tipe injeksi di bengkel biasa dengan cara yang pertama juga telah banyak dilakukan oleh biker lainya.

Akan tetapi jika sobat biker menginginkan hasil yang lebih maksimal silahkan bawa kebengkel resmi, yang telah mempunyai peralatan bengkel yang lebih canggih dan modern.

0 Response to "Cara Servis Injektor Motor Injeksi dengan Mudah "

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di OtoBiker.com, silahkan berkomentar dengan sopan.