Macam Macam CDI Motor Terbaik di Indonesia

Macam Macam CDI Motor merupakan singkatan dari Compact Discharge Ignition, komponen penting yang terpasang pada semua kendaraan bermotor. Fungsi dari CDI yang utama ialah untuk memberi arus listrik pada busi motor, untuk lebih detailnya simak artikel sebelumnya tentang Memahami Fungsi CDI Secara Detail.
Macam Macam CDI Motor Terbaik di Indonesia
Macam Macam CDI Motor
CDI merupakan sistem pengapian sepeda motor khusus pada bagian sistem pembakaran sepeda motor. pengapian motor tersebut memanfaatkan energi listrik yang berasal dari kapasitor atau kumparan yang biasa para mekanik motor menyebutnya dengan spul pengapian.

Kemudian arus listrik bertegangan tinggi dialirkan menuju koil motor lalu dikirim menuju busi motor sehingga busi bisa mengeluarkan percikan bunga api dan membakar bahan bakar yang sebelumnya sudah di olah karburator.

Jenis pengapian motor sangat banyak sekali yang beredar di Indonesia dan dijual bebas dengan harga yang sangat beragam pula. Tergantung dari jenis kelistrikan motor, apakah itu CDI standart atau CDI Racing. yang terpenting ialah kualitas dan ketahanan dari kelistrikan motor tersebut.

Setidaknya ada 2 jenis sistem pengapian motor yang terdapat pada kendaraan bermotor. Yaitu tipe CDI AC (Alternating Current) dan jenis CDI DC (Direct Current) yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun mempunyai fungsi sang sama.

Pengapian Motor dan Macam Macam CDI Motor

Macam Macam CDI Motor
CDI Racing Terbaik
Sebagian besar pengapian motor para distributor menggunakan CDI motor standar sebagai sistem kelistrikan motor. Dan macam-macam kelistrikan motor yang diaplikasikan juga berbeda-beda, yaitu pengapian unlimiter dan non limiter.

Untuk para biker yang ingin mengganti kelistrikan motor standar dengan tujuan ingin meningkatkan performa kuda besinya. Komponen pengapian bisa diganti untuk meningkatkan kinerja sistim pembakaran motor, sistem pengapian sepeda motor bisa menggunakan produk aftermarket atau CDI Racing.

Sebaiknya ketahui dulu jenis dan harga CDI sebelum membeli, jika salah memilih akan menyesal di kemudian hari. Karena harga CDI Racing harganya bisa sampai ratusan ribu bahkan jutaan, tergantung dari teknologi dan fitur yang diusungnya.
Jangan lupa simak ulasan: Trik Jitu Cara Memperbesar Pengapian Motor
Sebagai review, OtoBiker.com sudah menyiapkan artikel macam macam CDI motor yang beredar di Indonesia. Daftar CDI motor terbaik dan berkualitas yang bisa memuaskan hasrat untuk menggeber motor dengan kecepatan tinggi.

Macam Macam CDI Motor Terbaik di Indonesia

Pemilihan pengapian jenis racing sebaiknya menggunakan CDI Racing yang mudah pemasangannya, tanpa harus ribet dengan memprogram kurva istilahnya Plug and Play. Jenis CDI Racing ini hanya berpacu pada pergeseran limiter dan timing pengapian motor, harga pengapian racing tipe ini tidak terlalu mahal dan cocok untuk korek harian. Berikut ini ada beberapa contoh CDI yang bisa sobat aplikasikan untuk motor kesayangan agar semakin meningkat performanya.
  • Shindengen CDI Motor Standar Terbaik
Shindengen banyak menyebutnya dengan CDI Shogun Kebo, kenapa dibilang Shogun Kebo?. Karena pengapian ini identik dengan motor Suzuki Shogun 110 yang julukanya motor Kebo. Karena Shindengen merupakan CDI unlimiter bawaan motor Suzuki Shogun 110 asli dari pabriknya.

Saat ini CDI Shindengen termasuk barang langka dan jarang sekali toko spareparts yang menjualnya. Jika adapun pasti Harga CDI bawaan motor terbaik ini bisa mencapai 400 ribuan, bisa lebih.
  • CDI BRT Hyperband
BRT Hyperband adalah Sistem kelistrikan motor AC dari BRT yang kurva pengapian lebih presisi sehingga performa mesin akan meningkat dan hemat bahan bakar. BRT Hyperband sangat cocok untuk pemakaian Harian maupun korek harian. Harga CDI BRT Hyperband ini sangat terjangkau, biasanya para penjual melepas dengan harga 400 ribuan.
  • CDI BRT I-MAX Super PRO
I-MAX adalah CDI racing terbaik paling canggih dan mudah cara pemasangannya. Merk CDI Racing yang bagus dan satu-satunya pengapian yang dilengkapi dengan teknologi Maptronic, Maptronic adalah teknologi yang dipakai untuk memilih kurva pengapian motor

I-MAX sudah di lengkapi dengan fitur Commander Control. Fungsi dari Commander adalah untuk menentukan dan memilih memori kurva pengapian limiter mesin. Harga CDI BRT I-MAX dibanderol hampir 2 jutaan.
  • CDI BRT I-MAX PROGRAMMABLE
Pengapian Racing Programmable dengan remote ( tidak perlu menggunakan laptop) BRT I-MAX diprogram mengikuti algoritma Fuzzy Logic sehingga kurva pengapian dapat bergerak maju (advance) dan mundur (retard) mengikuti putaran mesin dengan akurasi tinggi hingga resolusi 1 rpm. I-MAX ini juga dilengkapi dengan remote untuk menyesuaikan timing pengapian yang diinginkan. Harga CDI motor ini mulai dari 800 rubuan hingga 1,5 jutaan.
  • CDI BRT Hyperband POWERMAX
BRT Hyperband POWERMAX adalah generasi penerus Neo Hyperband, dimana di dalam CDI ini terdapat 1 kurva racing. CDI racing terbaik ini hasil penyempurnaan generasi sebelumnya, dimana pengendalian kurva pengapian motor sangat stabil dan presisi sehingga tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar. Teknologi BRT Hyperband POWERMAX diciptakan untuk mengatasi beberapa kekurangan mesin motor menjadi lebih bertenaga, hemat bahan bakar dan mudah penggunaanya.
  • CDI BRT F-Tech Hyperband
F-TECH diciptakan untuk motor dengan mesin modern yang dilengkapi banyak sensor. Diperlukan kelistrikan motor khusus yang diberi nama FTECH Series. Sistem pengapian sepeda motor yang dilengkapi kontrol sensor lebih tepat dinamakan sebagai ECM (Electronic Control Modul).

ECM bukan hanya sekedar sistem kelistrikan motor tetapi juga mengendalikan banyak sensor yang terdapat pada motor injeksi. Beberapa jenis motor matic yang dapat dikategorikan menggunakan ECM diantaranya, Honda Vario, Honda Beat, Honda SPACY, Yamaha Xeon dan Suzuki NEX.
  • CDI REXTOR Programmable
REXTOR merupakan sistem pengapian motor yang terbaik untuk menunjang performa motor diantara berbagai merk CDI yang ada. Programmable Rextor merupakan pengapian Racing pertama di Indonesia yang bisa diprogram melalui laptop atau komputer.

REXTOR ini memberikan kemudahan para mekanik untuk menentukan setingan derajat pengapian yang di inginkan. REXTOR juga mempunyai kelebihan menyimpan sebanyak 14 Map (kurva pengapian) dalam satu CDI dan ditambah dengan fitur penyetingan kurva pengapian tiap posisi gigi (Multi Map).

Rextor merupakan tipe CDI DC dengan menggunakan Motorola Microprocessor berkecepatan 24 MegaHertz pengapian (0,01 %) guna menghasilkan untuk jaminan akurasi akselerasi yang hebat dan peningkatan tenaga mesin. harga CDI Rextor pun lebih variatif sesuai dengan tipe dan jenis produk tersebut.

Harga CDI REXTOR lebih mahal dengan jenis pengapian lainya yang banyak beredar. Harganya bisa mencapai 3 jutaan, tapi harga yang pantas mengingat kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.
Simak juga ulasan: Warna Kabel Soket CDI Semua Motor Lengkap
Itulah daftar Macam Macam CDI Motor Terbaik yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan tentang sistem pengapian motor.

0 Response to "Macam Macam CDI Motor Terbaik di Indonesia"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di OtoBiker.com, silahkan berkomentar dengan sopan.