Cara Mengatasi Lampu Depan Motor Sering Putus dengan Mudah

Seperti yang kita ketahui jika setiap jenis kendaraan bermotor harus dilengkapi dengan cahaya penerangan yang cukup memadai yang berupa lampu motor atau bohlam. Disamping sebagai alat penerangan fungsi lainya dari Lampu Depan Motor ialah untuk penerangan dan menjaga keselamatan dalam berkendara dimalam hari.
Cara Mengatasi Lampu Depan Motor Sering Putus dengan Mudah
Lampu Depan Motor
Banyak kasus kecelakaan dijalan raya karena pandangan yang kurang jelas dari arah yang berlawanan saat malam hari. Oleh karena itu demi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara lengkapilah sepeda motor kesayangan sobat Biker dengan lampu motor terbaik dan gunakan lampu sepeda motor paling terang dan fokus.

Bohlam merupakan salah satu spareparts yang memerlukan perawatan dan pengecekan secara berkala untuk menghindari lampu motor tiba tiba mati saat berkendara. Apalagi saat ini semua kendaraan roda dua diwajibkan untuk menyalakan lampu di siang hari atau sering disebut Safety Riding.

Oleh karena itu minimal sebulan sekali usahakan untuk mengecek kondisi bola lampu atau bohlam motor, apakah cahaya lampu sepeda motor redup, atau kaca lampu sudah mulai gosong yang menyebabkan lampu depan sepeda motor kadang hidup kadang mati.

Masalah Lampu Depan Motor Sering Putus

Mungkin sebagian dari sobat Biker pernah bertanya kenapa lampu depan sepeda motor sering putus dan apa penyebab lampu motor sering putus?. Ada beberapa faktor penyebab lampu motor cepat panas hingga putus.

Hal yang perlu di perhatikan dalam mengatasi lampu motor yang sering putus, bahkan sudah ganti baru masih tetap bohlamnya putus lagi, dan pada kaca bohlamnya gosong seperti terbakar. Hal ini perlu di segera ditanggulangi sebelum ada kerusakan yang lebih parah lagi.

Pusat arus listrik pada motor didapat dari sebuah kumparan yang berupa lilitan kawat tembaga yang biasa disebut dengan sepul motor yang mempunyai tipe arus listrik AC (Alternating Current), dimana arus listriknya berubah-ubah mengikuti putaran mesin motor itu sendiri.

Maka diperlukan alat pengubah sistem arah arus dari AC jadi arus DC, yang selanjutnya disimpan pada aki motor dan arus listrik tersebut tidak akan kembali ke sepul motor pengisian. Onderdil inilah yang sebut dengan kiprok motor. Harga kiprok motor original ini sangat mahal tergantung tipe dan jenis merk motor.

Seiring kemajuan teknologi, kiprok terdiri dari rangkaian dioda berupa mikro elektronik yang berbahan material semi-konduktor bersifat sebagai pengantar arus listrik satu arah.

Tips Memilih Lampu Depan Motor Berkualitas

Tips Memilih Lampu Motor Berkualitas
Agar Lampu Motor Terang
Cara memilih bohlam motor serta tips dan cara mudah bikin lampu sepeda motor lebih terang, salah satunya adalah menggunakan HID atau bisa juga lampu Halogen. Jenis lampu depan sepeda motor yang paling baru ialah jenis LED. Namun untuk mendapatkan merk bohlam lampu motor paling terang tersebut bukanlah perkara yang mudah, karena harga bohlam motor ini cukup mahal.
Simak juga ulasan: Tips Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang
Akan sangat bermanfaat jika lampu sepeda motor jauh lebih terang, dengan mencari cara bagaimana membuat lampu depan sepeda motor agar lebih terang dan cara mengatasi lampu depan sepeda motor sering putus. Tidak harus dengan biaya yang mahal atau menggunakan lampu jenis lampu LED atau lampu HID pada motor. Berikut tips memilih Lampu Depan Motor terbaik:
  • Menggunakan Lampu Halogen
Mengatasi lampu yang redup bisa memakai jenis halogen. Lampu tipe ini memiliki ciri khas bentuknya yang mengecil pada ujungnya. Memilih merk lampu halogen jangan asal pilih, setidaknya pilihlah merk lampu halogen terbaik yang sudah terbukti kualitasnya seperti Osram, Sparkle, Philips, Indoparts.
Kelebihan merk lampu terbaik tersebut ialah posisi cahaya lampu jauh dan dekatnya tidak akan tertukar, kualitas base Fitting bohlam terjamin. Reflektor lampu tidak akan meleleh karena panas yang dihasilkan dari arus lampu.
  • Pilihan Warna Lampu
Cara memilih lampu terbaik untuk motor dengan memilih warna bola lampu yang akan dipasang pada motor. Banyak pilihan warna yang ditawarkan oleh penjual lampu motor antara lain, warna standar, Blue Vision, biru pekat dan warna kuning.

Namun untuk urusan visibilitas paling bagus disegala medan, lampu dengan warna kuning lebih bagus daripada warna lainnya. Sedangkan warna lampu Blue Vision visibilitasnya berkurang saat hujan, dan hindari warna biru pekat karena visibilitasnya sangat buruk walau saat cuaca cerah.
  • Ukuran Volt dan Watt Lampu Motor
karena kebanyakan lampu variasi motor memiliki daya 35 watt padahal tidak semua motor standar ukuran wattnya 35 watt. Karena jika ukuran watt tidak sesuai, ketika dipakai cahayanya akan meredup meski kualitas lampu tersebut sangat bagus.

Cermati lebih detail spesifikasi bohlam motor dengan cara memilih lampu motor yang terang. Seringkali konsumen mengeluhkan bohlam motor dengan merk terbaik namun cahaya penerangan redup walaupun ukurannya sama.
  • Cek Kondisi Aki Motor
Salah satu faktor penting dalam penerangan motor ialah komponen kelistrikan Aki motor, jika kondisi aki tersebut sudah tidak bagus bisa jadi penyebab lampu depan sepeda motor sering putus. Karena arus listrik dari aki yang sudah soak sangat tidak stabil.
  • Cek kondisi Kiprok Motor
Kiprok motor mempunyai peran yang sangat penting, selain sebagai penetralisir dan penahan arus listrik yang sangat besar dari sepul motor menuju aki. Kiprok juga sebagai pengisi daya aki motor yang bersumber dari sepul pengisian.

Jika kondisi kipro sudah rusak maka dapat dipastikan arus dari sepul akan langsung mengalir menuju aki dan lampu motor tanpa ada beban yang menghalangi itu adalah lampu motor putus saat di gas.
  • Periksa Kelayakan Spul Motor
Sebagai sumber arus listrik yang utama pada motor, spul yang berupa rangkaian lilitan kabel tembaga yang ukuran kawat atau kabelnya disesuaikan dengan sistem kelistrikan motor dari pabrikan. Yang paling sering terjadi kerusakan pada spul ialah gulungan atau lilitan kawat tembaganya putus karena tidak kuat menahan panas akibat gesekan dari magnet motor.

Demikian tips sederhana cara mengatasi Lampu Depan Motor sering putus dan penyebab lampu motor redup cahanya. Jika ada kesalahan dalam penulisan, mohon bantuanya untuk membetulkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih.

0 Response to "Cara Mengatasi Lampu Depan Motor Sering Putus dengan Mudah"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di OtoBiker.com, silahkan berkomentar dengan sopan.