Tips Cara Service Motor Injeksi Sendiri dengan Mudah

Cara Service Motor Injeksi Sendiri - Saat ini motor merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia, karena itulah selalu ada saja motor dengan model terbaru setiap saat. Hal ini juga membuat motor terus diperbarui fungsi dan cara kerjanya.
Tips Cara Service Motor Injeksi Sendiri dengan Mudah
Cara Service Motor Injeksi Sendiri
Salah satu motor yang saat ini sedang paling laris adalah motor tipe injeksi yang memiliki banyak kelebihan dibanding motor jenis lainnya, misalnya saja bahan bakar lebih irit, tarikanya lebih responsif, dan bisa digunakan untuk perjalanan jauh dengan nyaman.

Semua itu memang sangat penting, tetapi motor jenis injeksi juga perlu suatu perawatan tertentu karena motor tidak bisa hanya digunakan saja tanpa adanya suatu service atau perawatan dari pemilik motor. Entah di service sendiri ataupun di service ke tukang service motor.

Cara Service Motor Injeksi Sendiri Tanpa ke Bengkel

Cara service motor injeksi sendiri sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, tetapi kebanyakan orang memilih untuk servis motor injeksi di bengkel biasa yang sudah dipercaya. Bagi anda yang ingin lebih hemat, sebaiknya melakukan service motor sendiri. Penasaran bagaimana cara servis motor injeksi sendiri tanpa ke bengkel? Silahkan lihat cara servis motor sendiri berikut ini:
  • Periksa Selang Saluran Bahan Bakar
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah selang bahan bakar pada motor tipe injeksi, jika sobat biker sudah menggunakan nya lebih dari 2000 km, sebaiknya langsung memeriksanya apakah selang tersebut kotor atau tidak.
Jangan lupa simak juga Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi Terbaru
Selang bensin yang kotor akan membuat menyemprotkan lebih banyak bahan baku sehingga ini akan berpengaruh pada kinerja motor. Jadi pertama adalah bersihkan selang tersebut agar mesin injector bekerja dengan baik.
  • Cek Pompa Bahan Bakar
Cara servis motor injeksi sendiri adalah dengan memeriksa pompa bahan bakar secara rutin, jangan sampai pompanya kotor karena bisa membuat tidak bisa bekerja secara maksimal. Untuk mendeteksi apakah terjadi masalah pada pompa bahan bakar tersebut, anda bisa menyalakan motor di tempat yang tidak bising.
Kemudian dengarkan bagian tangki motor tersebut apakah ada suara yang mendenging atau tidak, jika memang ada, sebaiknya anda bongkar dan lakukan pembersihan segera secara menyeluruh.
  • Periksa dan Pastikan Posisi Klep Injektor Tepat
Pastikan juga melakukan pengecekan pada klep injector karena jika sampai klep injector tersebut mengalami kerenggangan, maka itu akan membuat tidak stabil. Meskipun ketika anda membelinya, klep akan terpasang dalam keadaan yang tepat, tetapi seiring berjalannya waktu, maka klep bisa saja bergeser.

Jangan memasang klep terlalu renggang ataupun terlalu rapat karena jika terlalu renggang, maka akan terlalu banyak bahan bakar yang disemprotkan, sedangkan jika terlalu rapat akan membuatnya sulit keluar atau tidak stabil.
  • Periksa Kondisi Busi
Selanjutnya cara servis motor sendiri adalah dengan melakukan pengecekan pada pemantik api yang digunakan untuk mengolah bahan bakar, yaitu busi serta filter udara yang ada pada motor tipe injeksi sobat biker.

Ketepatan pemantik ini sangat berpengaruh terhadap peforma mesin karena itu berhubungan dengan proses pembakaran. Jika pembakaran tidak maksimal, maka bahan bakar atau bensin tersebut bisa menjadi lebih boros atau tidak digunakan secara tepat.
  • Cek Filter Udara
Hal yang sering terabaikan ialah memeriksa kondisi filter udara, padahal filter udara ini mempunyai peranan yang cukup penting untuk sistem pembakaran motor. Filter udara ini berguna untuk menyaring udara yang tercampur debu yang terhisap oleh karburator melalui Box filter yang tersemat.

Jika karburator atau injeksi kemasukan udara yang kotor maka dapat dipastikan performa motor akan bermasalah, seperti mesin motor menjadi brebet, konsumsi bahan bakar jadi boros. Maka dari itu bersihkan secara rutin filter udara, jika perlu ganti dengan filter udara yang baru.
  • Cermati dan Periksa ECU
Selalu lakukan pengecekan terhadap motor sistem injeksi kesayanganmu, jangan lupa untuk mengatur seluruh unit injector, baik takaran bahan bakar yang disemprotkan hingga klep injectornya tadi. Hal ini akan membuat kinerja motor lebih baik seperti saat anda pertama kali membelinya.

Jika sampai ECU pada motor sistem injeksi rusak, maka motor anda tidak akan bisa berjalan atau mogok karena gangguan kelistrikan yang disebabkan over suppley, voltase sumber kelistrikan rendah,korsleting dan lain sebagainya.

Itulah Cara Service Motor Injeksi Sendiri yang bisa sobat biker lakukan secara rutin, tidak perlu menunggu hingga 2000 km karena anda melakukannya sendiri sehingga tidak perlu membayar. Kalau sobat biker pergi ke bengkel, biaya servis motor injeksi sekitar 300 ribuan ke atas tergantung jenis motor sobat biker miliki. Entah itu motor matic injeksi atau motor sport injeksi.
Simak juga ulasan: Cara Servis Injektor Motor Injeksi Dengan Mudah
Karena itulah service sendiri atau cara servis injeksi manual adalah jalan yang sangat baik, apalagi jika anda membuka service motor juga sehingga bisa menambah penghasilan anda. Jangan lupa untuk melakukan semua pengecekan secara teliti.

0 Response to "Tips Cara Service Motor Injeksi Sendiri dengan Mudah"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di OtoBiker.com, silahkan berkomentar dengan sopan.