Tips Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang - Berkendara ketika malam hari memang membutuhkan penerangan ekstra, tanpa penerangan lampu jalan tidak akan terlihat jelas meskipun terdapat lampu jalan yang menerangi. Apalagi jika anda sedang bepergian ke tempat yang masih jarang ada lampu jalan seperti di pedesaan, tentu saja perlu mempelajari membuat lampu sepeda motor lebih terang agar mendapat hasil yang maksimal.
Tips Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang
Lampu Motor Terbaik
Ketika lampu motor rusak atau tidak terlalu terang, itu akan menyebabkan penglihatan terganggu dan hal ini bisa saja menyebabkan hal yang tidak di inginkan, oleh karena itulah bagaimanapun cara nya motor haruslah memiliki penerangan yang bagus.

Jika berbicara tentang penerangan pada bohlam lampu, tentu saja harus ada sebuah lampu motor yang berkualitas bagus agar tidak mudah rusak atau cepat putus kaarena panas sehingga anda tidak perlu membeli bola lampu terlalu sering sehingga lebih menghemat pengeluaran juga.

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dan Awet

Cara Membuat Lampu Lebih Terang dan Awet
Lampu Motor Paling Terang
Membuat sinar lampu utama sepeda motor lebih terang harus dilakukan secara teliti dan cermat, jika sobat biker melakukanya secara asal-asalan, bisa berakibat fatal. Akan berdampak pada sistem kelistrikan yang lainya yang akan menambah masalah baru pada motor.

Cara yang paling efektif membuat bohlam motor super terang cukup mudah, namun dengan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, seperti menggunakan lampu motor Halogen, lampu motor HID, dan yang saat ini banyak di gunakan ialah lampu LED motor paling terang. Harga lampu motor tersebut memang mahal tergantung dari kualitas dan merk.

Lalu bagaimanakah membuat lampu sepeda motor lebih terang dengan biaya yang sangat terjangkau?langsung simak ulasan nya berikut ini:

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dengan Relay

Membuat bohlam motor lebih terang menggunakan relay memang menjadi pilihan yang tepat, karena cara memperbaiki lampu motor yang kurang terang dengan relay adalah sebagai saklar elektromagnetik sehingga hal tersebut bisa membuat lebih terang dibanding sebelumnya.

Sebuah relay memiliki dua bagian, yaitu elektro magnet dan Contact Point yang terdapat 4 sisi sehingga kedua sisi akan terhubung dengan elektro magnet dan sisi lainnya lagi dengan Contact Point. Cobalah untuk menggunakan relay supaya dop motor tidak cepat panas.
  • Cara Menggunakan Relay untuk Menambah Penerangan Lampu Motor
  1. Siapkan 2 buah relay terlebih dahulu.
  2. Kemudian hubungkan terminal 30 ke positif aki motor (bisa diambil dari kabel sebelum saklar utama lampu kepala).
  3. Lalu hubungkan terminal 87 ke terminal lampu utama dengan jarak dekat.
  4. Hubungkan terminal 85 pada kabel saklar jarak dekat (jangan lupa kabel jarak dekat yang menuju lampu dipotong).
  5. Hubungkan terminal 86 ke bagian negative.
  6. Lakukan cara diatas pada relay yang ke 2 untuk lampu jarak jauh.

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dengan Resistor

Trik ini digunakan dengan memasang sebuah resistor 680 ohm/1 watt pada kabel spull lampu dari generator menuju kiprok. Dengan begitu tegangan yang dihasilkan oleh generator dengan yang masuk ke dalam kiprok tidaklah sama.

Tegangan yang masuk ke dalam kiprok akan lebih rendah sehingga regulasi tegangan yang terjadi akan lebih besar dari yang seharusnya. Cara ini akan menghasilkan tegangan yang masuk ke dalam lampu menjadi sekitar 15 volt.

Karena tegangan ini lebih besar, maka nyala lampu juga akan lebih terang. Bahkan jika ingin bereksperimen juga, anda bisa mengganti resistor dengan tegangan lebih besar, tetapi perlu di ingat bahwa semakin besar tegangan yang digunakan.

Maka lampu motor juga akan cepat mati karena terlalu panas sehingga cara yang paling pas adalah dengan menggunakan variable resistor yang berjenis potensio. Dengan begitu anda hanya perlu memutar potensio untuk mendapatkan tegangan yang di inginkan.
  • Cara Membuat Lampu Motor AC Lebih Terang
Jika motor anda memiliki sistem kelistrikan AC, cara yang paling tepat dan aman adalah dengan mengganti bohlam lampu dengan bohlam yang memiliki watt lebih rendah dibanding bawaan pabrik.
Bohlam bawaan pabrik biasanya memiliki daya 35 watt, 12 volt, maka anda bisa mengganti dengan bohlam motor yang berukuran 25 watt/12 volt. Dan gunakan bohlam lampu yang original.
  • Cara Membuat Lampu Motor DC Lebih Terang
Berbeda halnya dengan sistem kelistrikan AC, jika motor anda menggunakan sistem kelistrikan DC, maka sebaiknya cara yang paling aman dan mudah adalah dengan mengganti bohlam tersebut dengan daya/watt yang lebih tinggi dibanding bawaan pabrik.

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang dengan Dioda

Agar lampu motor terang banget dengan biaya yang sangat murah yaitu dengan menggunakan dioda. Cara dan mengaplikasikanya cukup mudah, sobat biker cukup menggunakan 4 dioda yang berukuran 6 ampere.

Dioda ukuran 6 ampere tadi dijadikan sebuah rangkaian paralel dan disambungkan pada arus positifnya kedalam kontak dan kutub negatifnya ke dalam fiting lampu. Kabel negatif yang berada di fiting lampu, harus diputus terlebih dahulu dan diganti kabel yang dari rangkaian dioda tadi. Fungsi dioda adalah menyimpan arus listrik lalu melepaskannya sehingga lampu bisa nyala lebih terang.

Bagaimana, apakah anda sudah mengerti bagaimana membuat lampu sepeda motor lebih terang dibanding sebelumnya? Jangan lupa untuk melihat jenis bohlamp anda terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan karena setiap jenis bohlam itu berbeda.

Itulah Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang yang bisa kami informasikan untuk anda, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Tips diatas bisa juga untuk Cara Mengatasi Lampu Depan Motor Sering Putus dengan Mudah. Terima kasih.

0 Response to "Tips Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di OtoBiker.com, silahkan berkomentar dengan sopan.