Trik Jitu Cara Memperbesar Pengapian Motor

kali ini OtoBiker bakal membagikan sebuah tips dan trik sederhana tentang Cara Memperbesar Pengapian Motor dengan mudah. Mungkin saja beberapa dari kalian banyak yang sudah memakai cara ini supaya performa dari motor yang kalian miliki bisa jadi tambah garang dan jos tarikanya.
Trik Jitu Cara Memperbesar Pengapian Motor
Cara Memperbesar Pengapian Busi
Dengan melakukan langkah ini tentunya bakal tingkatkan performa mesin motor tersebut, dan bikin konsumsi bahan bakar pada mesin jadi lebih irit namun performanya makin yahut. Nah, untuk sobat biker yang menginginkan perbesar pengapian busi motor dengan memakai kapasitor.

Kapasitor yang memiliki ukuran lebih besar maka suplai arus listriknya ikut bertambah besar juga, hal itu sah-sah saja. Namun, ada beberapa penyesuaian pada setingan motor sobat, ubahan yang harus dilakukan setelah melakukan trik ini ialah dengan cara setting karburator motor baik itu motor 4Tak maupun 2Tak.

Jetting ulang main jet dan pilot jet untuk mengimbangi melonjaknya arus listrik yang sudah di modifikasi. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk menghindari kekurangan asupan bahan bakar, supaya piston tak bolong karena kelistrikan motor yang besar.

Cara Memperbesar Pengapian Motor dengan Mudah

Sistem pengapian pada suatu motor memang sangat penting fungsinya. Tidak jarang bagi yang hobi oprek motor mencari cara memperbesar pengapian motor DC maupun perbesar pengapian motor AC untuk menaikan performa pada motor yang mereka punyai agar lebih jos.

Sebetulnya untuk motor standar pengapian yang dipunyai sudah sangat bagus dan tak perlu lagi untuk melakukan pembesaran pada sistem pengapian. Tapi jika sobat biker penasaran dengan modifikasi ini, silahkan simak ulasanya berikut ini:

Cara Memperbesar Pengapian Motor dengan Kapasitor

Memperbesar Pengapian Motor dengan Kapasitor
Perbesar Pengapian Motor Standar
Kapasitor sendiri yaitu satu piranti elektronik yang umumnya terdapat pada pearangkat elektronik seperti TV, radio, tape serta yang lain. Kapasitor mempunyai ukuran yg tidak terlalu besar tetapi memiliki dua kaki yang tidak sama. Untuk kaki yang panjang yaitu (+) positif serta yang pendek yakni (-) negatif. Nah, untuk menempatkan kapasitor ini juga terbilang cukup mudah. Harga kapasitor juga tidaklah terlalu mahal dan gampang diperoleh.

Langkah pertama perbesar pengapian dengan kapasitor, anda cuma cukup menyambungkan kabel dari CDI ke arah kaki yang bermuatan arus negatif serta untuk kabel yang satunya lagi disambungkan ke sisi kaki bermuatan arus positif yang tersambung ke arus sisi koil motor.

Untuk motor standard cukup untuk menaikan pengapianya cukup hanya memakai kapasitor 4. 7 uF. Bila anda menginginkan lebih memakai kapasitor dengan ukuran besar agar suplai apinya juga besar bisa saja dikerjakan. Tetapi pastinya mesti diikuti juga dengan menaikan ukuran spuyernya lantaran untuk menghindar terjadinya piston bolong akibat pengapian yang kering.

Bila anda masih merasa bingung, anda dapat juga memakai trik Ground Strap berikut ini. Seperti yang anda kenali, kalau tehnik ini yaitu langkah untuk memaksimalkan kemampuan dari koil motor dengan cara Ground Strap.

Cara Memperbesar Pengapian Motor Ground Strap

Cara Perbesar Pengapian Motor Ground Strap
Memperbesar Pengapian Koil Motor
Cara perbesar pengapian dengan memakai groud strap yaitu untuk mengoptimalkan kerja koil motor standart. Ground Strap ini berfungsi untuk mereduksi arus tidak stabil yang mengalir dari koil motor menuju busi agar percikan bunga api busi motor lebih terfokus, sehingga akan lebih banyak campuran gas segar yang bisa dibakar pada saat proses pembakaran.

Dengan menggunakan trik ground strap mempunyai banyak keuntungan terhadap performa mesin motor. Selain bisa meningkatkan tenaga yang dihasilkan mesin, memasang strap ground juga bisa membuat konsumsi bensin jadi lebih irit dan emisi gas buang menjadi berkurang dan ramah lingkungan. Jika sobat biker ingin mencoba tips ini, persiapkan bahan-bahannya dahulu yakni seperti isolasi dan juga kabel tembaga. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Terlebih dulu bukalah sisi koil.
  2. Kupas bungkus kabel tembaga apabila kabel tembaga itu masih terbungkus.
  3. Kemudian lilitkan kabel tembaga pada kabel busi dengan rapat.
  4. Salah satu ujungnya dibuat untuk dudukan koil.
  5. Dan ujung yang satu lagi jaraknya janganlah terlalu dekat dengan kabel busi.
  6. Bungkus kembali dengan isolasi kabel busi yang sudah terlilit oleh tembaga.
Begitulah kiranya Cara Memperbesar Pengapian Motor dengan mudah dan murah. Mudah-mudahan langkah ini dapat berguna buat anda serta dapat dikerjakan dengan cara mandiri tanpa harus ke bengkel motor. Terima kasih dan selamat coba.

0 Response to "Trik Jitu Cara Memperbesar Pengapian Motor "

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di OtoBiker.com, silahkan berkomentar dengan sopan.