Tips Memilih Ban Motor Terbaik untuk Harian

Ban motor adalah salah satu komponen paling penting untuk sebuah kendaraan, mengingat berjalan nya sebuah motor juga tergantung dari ban motor terbaik. Komponen yang satu ini memang paling sering diganti dibanding komponen lain nya.

Kenapa begitu? Hal ini berkaitan erat dengan digunakan nya ban untuk menjalankan motor setiap hari, apalagi semakin tipis ban motor, maka itu akan membuat motor tidak enak dipakai, bahkan sering bocor dan hanya akan mengganggu perjalanan jika harus ditambah setiap saat.

Ban yang bocor bukan saja terjadi pada ban yang sudah lama saja, tetapi bisa saja terjadi pada ban yang baru saja membeli, oleh karena itulah anda sebagai pengguna harus bisa menilai mana ban motor terbaik dan mana yang bukan.
Tips Memilih Ban Motor Terbaik untuk Harian

Cara Memilih Ban Motor Terbaik

Karena itulah, kali ini kami ingin memberikan sedikit tips memilih ban motor terbaik agar anda bisa memilih ban yang awet dengan kualitas yang bagus, simak ulasan nya berikut ini:
  • Pilih Ban Dengan Permukaan Telapak Sedang
Ban dengan telapak kecil memang sering digunakan saat ini, apalagi oleh anak muda yang lebih suka bergaya dengan motor yang memiliki ban kecil, Sebenarnya memang ada baiknya juga dari segi keiritan bahan bakar karena permukaan yang bergesekan dengan jalan lebih sedikit dan menghemat energy.

Tapi tahukah anda bahwa ternyata ban motor telapak kecil itu bisa lebih beresiko ketika berkendara. Apalagi ketika jalanan sedang licin, ia akan mudah terpelanting bahkan rentan pecah. Oleh karena itulah menggunakan ban dengan permukaan besar akan lebih aman bagi anda.

Selain itu, ban dengan model tersebut lebih bagus kualitas nya, lebih nyaman dipakai serta lebih stabil ketika digunakan, jadi pilihlah ban motor terbaik anda dengan permukaan yang sedang saja.
  • Pilih Ban Motor yang Tepat (Basah dan Kering)
Ternyata ban motor juga dibagi menjadi 2, yaitu ban motor basah dan kering. Kedua nya memiliki daya cengkram yang berbeda ketika musim juga berbeda.

Misalnya saja anda menggunakan ban motor basah, maka dia akan lebih memiliki daya cengkram yang kuat ketika melibas genangan air, jadi akan aman ketika hujan sekalipun.

Mengingat musim di Indonesia hanya ada 2, yaitu musim panas dan musim hujan saja, maka anda bisa memilih ban basah karena itu lebih aman, ketika musim panas anda bisa lebih berhati-hati dengan ban basah.

Tetapi jika anda lebih memilih ban tipe kering, maka dia akan memiliki daya cengkram yang lebih lemah ketika terkena air, karena itulah ban tipe ini tidak aman ketika hujan dan cenderung memiliki resiko terpeleset lebih banyak.
  • Pilih Motif atau Profil Ukiran Ban yang Tepat
Langkah ketiga dalam mencari ban motor terbaik adalah dengan memilih motif ban yang ingin anda gunakan dengan tepat.

Jika sebelumnya anda harus memilih antara ban kering atau basah, maka sebaiknya anda memilih ban dengan daya cengkram yang bagus juga, yaitu ban dengan motif yang lurus.

Motif ukiran ban memang berbeda-beda, tetapi usahakan untuk memilih yang searah karena kebanyakan pabrikan juga memproduksi type ban seperti ini dengan sudut kemiringan ukiran 45 derajat dari depan ke belakang.

Hal ini dimaksudkan agar ban mampu menyingkirikan air ke samping ketika sedang melewati jalanan hujan, sehingga ban tetap mampu memiliki daya cengkram yang bagus ketika hujan. Jika anda memilih dengan motif ukiran lain, bisa dipastikan akan mudah tergelincir ketika ada hujan atau jalanan licin.

Hal seperti ini memang seperti tidak dihiraukan oleh sebagian orang karena jarang yang tahu apa dampak yang terjadi jika salah memilih jenis ban motor, oleh karena itu silahkan anda pilih ban yang sudah memenuhi kriteria di atas.

Itulah tips memilih Ban Motor Terbaik yang bisa kami informasikan untuk anda, selain di atas mungkin yang perlu anda pertimbangkan lain nya adalah merk ban motor dan harga nya karena tidak dapat dipungkiri bahwa ban yang bagus memang harga nya sepadan. Terima kasih.

0 Response to "Tips Memilih Ban Motor Terbaik untuk Harian"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di OtoBiker.com, silahkan berkomentar dengan sopan.