Jenis dan Merk Aki Motor Terbaik Paling Laris

Aki Motor Terbaik - Pada tahun 1800 silam seorang ilmuwan asal Italia bernama Alessandro Volta berhasil menemukan suatu komponen pembangkit listrik untuk pertama kalinya di dunia yang diberi nama Voltaic Pile. Yang kemudian dilakukan pengembangan yang lebih mutakhir oleh beberapa ilmuwan agar lebih praktis dan efisien dari segi pengunaannya. Kemudian dikenal di dunia otomotif dengan sebutan Lead-acid Battery, yang jika diartikan dalam bahasa gaul ialah aki motor.

Seiring perkembangan jaman dan kecanggihan teknologi, Model dan komponen aki ikut mengalami revolusi yang cukup signifikan. Jika dulu jenis aki motor yang bagus adalah berisikan air accu, namun sekarang ini perannya digantikan dengan yang lebih praktis, efisien dan ramah lingkungan yaitu MF Battery (Maintenance Free Battery) yang lebih dikenal dengan aki kering motor.
Aki Motor Terbaik
Accu motor mempunyai peranan yang sangat besar untuk menyuplai seluruh sistem kelistrikan kendaraan bermotor agar dapat bekerja dengan optimal, diantaranya: elektrik starter, klakson, lampu motor, kontrol spedometer maupun odometer, dan sistem pengapian motor yang menganut tipe DC (Direct Current). Sedangkan energi yang didapat dari aki motor ialah bersumber dari sistem kerja kumparan kawat tembaga (spul motor) dengan magnet yang kemudian daya output-nya dikontrol oleh kiprok.

Jenis Aki Motor Terbaik di Indonesia

aki terbaik buat motor
Aki Motor Terbaik Paling Laris
Accu motor yang paling sering dijumpai dan diaplikasikan pada kendaraan bermotor pada umumnya hanya 2 macam, yaitu aki motor tipe basah dan jenis aki kering motor. Namun, selain 2 jenis tersebut ternyata masih ada jenis accu lainnya yang belum banyak diketahui. Fungsi dan penggunaanya hampir sama, namun komponen dari accu itu sendiri yang membedakan. Apa saja jenis dan tipe aki tersebut? simak ulasannya berikut ini:

Aki Motor Terbaik Tipe Basah

Jenis aki ini sudah sangat populer di Indonesia, hampir semua pemilik motor mengetahuhi jenis ini. Accu tipe basah ini banyak beredar luas dibengkel umum maupun bengkel resmi, dengan harga aki yang bervariasi tergantung pemilik bengkel ingin mengambil besarnya kecilnya keuntungan dari harga aki motor ini.

Accu basah merupakan aki standart yang digunakan oleh semua merk motor, tidak hanya untuk sepeda motor saja, kendaraan jenis lainnya seperti truk dan mobil banyak menggunakan accu jenis ini. banyak pemilik kendaraan bermotor lebih memilih aki basah ketimbang jenis lainya.

Terutama untuk motor keluaran tahun 2000 yang masih menggunakan karburator serta menggunakan pengapian tipe AC (Alternate Current). Aki motor jenis ini sangat ekonomis, harga accu motor pun relatif murah dan bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama, serta cara merawat aki basah cukup mudah.
Simak ulasan: Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Tekor dan Soak
Kelebihan Aki Basah
  1. Harga yang murah.
  2. Banyak dijual di bengkel motor.
  3. Lebih awet dan tahan lama dengan perawatan secara berkala.
Kekurangan Aki Basah
  1. Kondisi elektrolit mudah menguap, sehingga harus sering dicek ketinggian air akinya.
  2. Elektrolit merupakan jenis asam H2SO4 yang bersifat keras dan korosif dan sangat berbahaya jika anggota badan terkena tumpahan air aki yang lama.
Merk Aki Basah Terbaik
  1. Yuasa.
  2. GS Astra.
  3. Aspira.
  4. Nagoya.

Aki Motor Terbaik Tipe Kering atau MF Battery

Aki motor jenis MF Battery merupakan jenis accu terbaru yang kehadirannya diawal tahun 2010, dan langsung mendapat respon yang sangat positif disemua kalangan pemilik kendaraan bermotor. Terutama bagi pemilik motor keluaran terbaru seperti motor injeksi, dan motor yang pengapiannya tipe DC (Direct Current).

Jenis aki kering motor ini sebetulnya juga berisikan cairan untuk menghasilkan daya, sama halnya dengan aki tipe basah. Namun yang membedakan dari accu basah ialah kemasan atau casing luar, accu kering ini memiliki kemasan dengan penutup yang sangat kuat dan mampu menahan penguapan dari air aki. Akibat dari suhu panas masuknya aliran setrum dari spul dan kiprok saat motor sedang digunakan.
Segel penutup ini dapat melemah jika terlalu sering dibuka, dan umur aki bisa berkurang, karena terjadi kebocoran daya yang tanpa kita sadari.
Simak ulasan: Cara Memperbaiki Aki Kering Tekor, Soak dan Ngedrop
Kelebihan Aki Kering
  1. Bebas perawatan.
  2. Tak perlu mengisi air aki secara rutin.
  3. Praktis, efisien dan ramah lingkungan dalam penggunaannya.
  4. Cocok untuk biker yang hobi modifikasi motor dengan menambah aksesoris yang membutuhkan daya listrik.
  5. Bisa dipindah disembarang tempat untuk merombak tampilan motor tanpa harus khawatir tumpahnya isi air aki.
Kekurangan Aki kering
  1. Umur aki yang lebih pendek.
  2. Harganya aki kering lebih jika mahal dibandingkan dengan aki basah.
  3. Sekali pakai, tidak bisa digunakan berulang-ulang seperti accu basah.
Merk Aki Kering Motor yang Bagus
  1. GS Astra.
  2. Yuasa.
  3. Aspira.
  4. Federal Quantum.
  5. Indobattery.
  6. FB Super MC.
  7. Furukawa.
  8. G Force.
  9. Shiba.
  10. Toyo.
  11. GiSi.
  12. NS.
  13. FDR.
Simak ulasan: Merk Aki Motor Paling Bagus Berkualitas SNI

Aki Motor Terbaik Tipe Gel

Aki motor terbaru yang hadir di Indonesia dan langsung mendapat respon yang sangat baik ialah aki gel. Dengan mengusung cairan teknologi Aki Motor Terbaik dan terbaru, accu tipe Gel ini layak untuk diaplikasikan pada motor yang membutuhkan daya setrum yang stabil dan optimal.

Berbeda dengan accu basah dan Aki Motor Terbaik MF Battery, cairan yang terdapat pada aki motor Gel ini satu tingkat lebih canggih. Jika pada tipe basah dan kering yang masih menggunakan cairan berupa elektrolit yang masih rentan terhadap kebocoran. Masa pakai tipe aki Gel ini juga lebih tahan lama. Biasanya jenis aki ini yang dijual di bengkel umum dengan merk aki Motobatt. Selain memiliki umur yang lebih lama, aki Motobatt juga memiliki daya ampere lebih besar.

Kelebihan Aki Tipe Gel
  1. Umur aki lebih tahan lama.
  2. Bebas perawatan, tanpa harus menambah dan cek air aki.
  3. Fleksibel. Efisien dan ramah lingkungan.
Kekurangan Aki Tipe Gel
  1. Harga aki lebih mahal.
  2. Tidak semua toko menjual aki tipe gel.
Merk Aki Gel Terbaik
  1. Motobatt.
  2. Bosch.
  3. Daytona Super Chage.
  4. Champion.
Simak ulasan: Cara Merawat Aki Motor Agar Tetap Prima
Itulah daftar dan jenis Aki Motor Terbaik yang beredar di Indonesia, Untuk daftar harga terbaru aki motor nantikan ulasan berikutnya. Terima Kasih.

0 Response to "Jenis dan Merk Aki Motor Terbaik Paling Laris"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di OtoBiker.com, silahkan berkomentar dengan sopan.