Pengertian dan Cara Kerja ECU Motor Injeksi

ECU Motor Injeksi atau ECM, bagian itu sudah sangat diketahui. Tapi beberapa dari sobat mungkin belum cukup mengetahui tentang teknologi dan fitur yang terintegrasi dengan ECU (Engine Control Unit). Semenjak tahun 2009 yang lalu, teknologi sistem injeksi sudah menjadi perhatian dalam dunia otomotif, khususnya sepeda motor. Namun masih banyak orang yang belum memahami apa sebetulnya teknologi injeksi itu dan apa fungsi dari Engine Control Unit (ECU) pada teknologi injeksi.

Tahun 2017 saat ini, hampir semua motor keluaran terbaru baik itu motor terbaru dari Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki semua sudah mengadopsi sistem pengabutan fuel injection. Selain lebih efisien, teknologi motor injeksi juga bisa menekan angka pencemaran udara yang dihasilkan dari knalpot motor.

Apa itu ECU Motor Injeksi atau ECM?

Pengertian dan Cara Kerja ECU Motor Injeksi
ECU Motor Injeksi
Engine Control Unit merupakan alat kontrol elektronik yang berfungsi untuk mengontrol actuator pada mesin pembakaran dalam, seperti, ignition dan injection. Secara singkat, ECU adalah otak dari suatu kendaraan yang sudah di-computerize. Kecuali sebagai fungsi control, ECU juga berfungsi sebagai alat protection system pada suatu kendaraan.

Oleh karena itu ECU adalah perangkat elektronik yang dikendalikan mikroprosesor. Perangkat ini langsung diprogram untuk mengendalikan mesin dan semua hal yang terkait. Unit ini kadang disebut Electronic Control Unit atau ECM yaitu Engine Control Module.

ECU langsung bekerja untuk mengoperasikan mesin. Ini memastikan kinerja optimal dengan efisiensi optimal. ECU bekerja di sini seperti berbagai protokol elektronik untuk mengoperasikan mesin dan aktivitas terkait lainnya. Ini juga memastikan aktivitas pengatur mesin.

Fungsi ECU Motor Injeksi

Pada sepeda motor biasa seperti komuter dengan kapasitas rendah atau motor berpendingin udara tidak ada ECU atau ECM. Di sana aktivitas mesin dikontrol secara mekanis. Dan kadang dengan beberapa chip elektronik pra-terprogram yang terbatas seperti CDI (Capacitor Discharge Ignition) namun terpisah.
harga ecu motor injeksi
ECM Motor Injeksi
Aktivitas pengendalian dan kinerja juga dioperasikan secara mekanis. Jadi pasokan bahan bakar, campuran bahan bakar udara, sistem pengapian, pengatur suhu atau aktivitas lainnya juga dioperasikan teknologi terpisah.
Simak juga lebih detail: Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi Terbaru
Di sisi lain pada mesin atau motor ECU atau ECM yang dioperasikan, semua tugas terkait pengoperasian dan pengoperasian mesin dioperasikan dan dikendalikan oleh mikroprosesor ECU. Disini semua tugas seperti campuran bahan bakar udara sesuai dengan throttle temperature, injeksi bahan bakar, timing injeksi, timing pengapian, kontrol kecepatan idle, kontrol suhu, emisi langsung dikontrol oleh ECU oleh karena itu Engine Control Unit. Pada beberapa mesin hybrid, katup juga dikendalikan oleh ECU.

Kelebihan Engine Control Unit Motor Injeksi

Sobat biker sekarang mungkin sudah memahami aktivitas cara kerja ECU motor injeksi. Saat ini motor performa tinggi atau mesin lainnya tidak dapat dioperasikan dengan kinerja optimal tanpa dukungan ECU. Jadi ECU pasti memiliki beberapa kelebihan dan berikut ini:
  1. Penggunaan bahan bakar yang optimal dan précised
  2. Rasio dan campuran bahan bakar udara dikontrol secara otomatis oleh ECU mengingat posisi throttle, suhu dan cuaca.
  3. Tidak perlu operasi choke manual di pagi hari.
  4. Minimal ruang lingkup untuk mesin mengetuk.
  5. Performa maksimal, efisiensi bahan bakar optimal.
  6. Kontrol dan pastikan emisi lebih rendah.
  7. Memberikan respon throttle yang lebih baik dan responsif
  8. Kontrol suhu operasi.

Keterbatasan ECU pada Motor Injeksi

ECU adalah teknologi paling baru dalam motor performa modern. disamping banyak fitur dan kelebihan dari ECU di atas. Tapi keterbatasan atau kekurangannya ECU motor injeksi juga ada. Meskipun kita tidak bisa mengkategorikan mereka sebagai kelemahan tapi inilah mereka. Apapun yang bisa kita lihat.

ECU menggabungkan dan mengendalikan semua tugas yang berhubungan dengan pengoperasian mesin. Jadi, tidak ada cara untuk menyesuaikan atau mengendalikan operasi apa pun secara terpisah seperti kontrol bahan bakar atau campuran-campuran bahan bakar udara kecuali pra-program yang diprogram sebelumnya.

ECU tidak dapat dimodifikasi untuk kustomisasi lebih lanjut. Perbaikan kerja dan tempering tidak bermanfaat pada ECU. Ini adalah perangkat dan teknologi dengan harga mahal. Itu membuat motor atau mesin lebih mahal.

New Hi-Tech Engine Control Unit

Sepeda motor performa modern hadir dengan beberapa ECU hi-tech dan hybrid. ECU ini hadir dengan beberapa fitur yang disempurnakan. ECU hi-tech dan modern memiliki berbagai preset dari berbagai mode operasi seperti pengendaraan ekonomi, balap mobil atau balap dengan kecepatan tinggi dan lain-lain.

Beberapa ECU modern juga dapat diprogram, dapat disesuaikan dan dapat ditingkatkan dengan perangkat lunak yang mendukung. ECU Modern juga mengendalikan fitur ABS (Anti-lock Brake System), kontrol traksi, kontrol ramping, cruise control, sensor gravitasi dll.
Simak juga ulasan: Tips Cara Service Motor Injeksi Sendiri dengan Mudah
Itulah review singkat kelebihan dan kekurangan ECU Motor Injeksi terbaru saat ini. Semoga bisa bermanfaat. Terima Kasih.

0 Response to "Pengertian dan Cara Kerja ECU Motor Injeksi"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di OtoBiker.com, silahkan berkomentar dengan sopan.