Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Tekor dan Soak

Cara Memperbaiki Aki Basah Motor- Seperti yang kita ketahui jika keberadaan battery atau aki motor pada kendaraan bermotor sangat penting, setiap kendaraan bermotor membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Terutama motor yang menganut sistem kelistrikan tipe DC (Direct Current), motor dengan kelistrikan tipe DC sangat mengandalkan daya yang optimal dari accu motor.

Sedangkan kondisi dan perawatan accu motor ini sering kali terlewatkan, bahkan terabaikan. Biasanya para pemilik kendaraan bermotor hanya selalu mengingat bahwa tiap akhir bulan itu waktunya ganti oli, servis karburator, cek rantai motor pada bengkel motor terdekat. Jangankan untuk merawat aki motor, untuk mengecek air aki apakah masih cukup pada garis yang ditentukan atau harus menambah air, jarang sekali dilakukan.
Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Tekor dan Soak
Cara Memperbaiki Aki Basah Motor
Hal itu bisa jadi penyebab aki tekor soak dan kemudian rusak karena sel-sel aki motor basah kekurangan air accu. Sebetulnya penyebab aki basah soak dan rusak bisa saja diantisipasi dengan mudah, yaitu dengan selalu rutin mengecek sebulan sekali kondisi accu motor brader.

Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Soak, Tekor dan Rusak

Banyak yang mengatakan bahwa umur aki motor itu ada batasan nya, banyak orang bilang umur aki kering motor itu hanya bertahan 1 hingga 2 tahun, ada juga yang menyatakan jika usia aki basah hanya bertahan hingga 1 tahun dan harus diganti dengan Battery motor yang baru. Semua itu bisa saja terjadi jika brader sering mengabaikan perawatan pada aki.

Namun jika sobat biker selalu memperhatikan kondisi accu motor dengan rutin, umur aki motor akan mampu bertahan dengan jangka waktu yang cukup lama dengan kondisi yang masih optimal. Dan tak perlu sering mengganti aki dengan yang baru, karena harga aki motor baik itu aki basah maupun aki kering motor cukup mahal.

Namun jika sudah terlanjur terjadi kerusakan pada aki motor sobat, sebaiknya jangan langsung buru-buru menggantinya dengan accu yang baru. Luangkan waktu sejenak untuk mengoperasi kerusakan aki, Kebetulan OtoBiker.com mempunyai tips dan Cara Memperbaiki Aki Basah Motor yang bisa brader praktekan sendiri tanpa harus ke bengkel motor.

Sebelum melangkah ke step Cara Memperbaiki Aki Basah Motor yang rusah, sebaiknya brader kenali dulu penyebab aki motor tekor, penyebab aki motor panas yang kemudian mengalami keruskan yang permanen

Penyebab Aki Basah dan aki Kering Motor Cepat Rusak

Beberapa faktor penyebab aki motor tekor dan juga penyebab aki motor panas yang perlu diperhatikan diantanya:
  • Pengisian Aki Motor Lemah
Semua aki kering dan aki basah, keduanya selalu memerlukan perawatan yang berkala. Baik itu motor ataupun mobil, jika dalam waktu yang lama mesin jarang dipakai atau dinyalakan, hal ini dapat menyebabkan aki motor cepat drop dan soak.
Simak ulasan: Merk Aki Motor Paling Bagus Berkualitas SNI
Pengisian aki motor yang kurang maksimal merupakan salah satu penyebab aki motor cepat soak. Meski kendaraan jarang digunakan, untuk menjaga agar aki lebih awet, langkah terbaik ialah dengan cara memanasi atau menghidupkan mesin motor 1 kali sehari selama 20 menit, lebih lama lebih baik.
  • Kerak Terlalu Banyak
Banyaknya kerak yang menempel pada kutub negatif maupun kutub positif ialah penyebab aki motor tidak bisa mengisi dengan sempurna. Kebersihan accu motor akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk daya tahan accu motor. Sebaiknya sebulan sekali untuk membersihkan kerak yang menempel pada kutub negatif maupun kutub positif aki.
  • Konslet pada Aki motor
Cek selalu kondisi sekring motor (fuse), sekring merupakan alat pengaman kelistrikan semua kendaraan bermotor. Sekring motor ini sangat penting karena akan memberikan keamanan untuk aki jika terjadi konsleting pada rangkaian elektronik mesin juga lampu lampu kendaraan.

Setelah itu cek accu motor dengan menggunakan Avometer, pasikan kondisi mesin motor dalam keadaan mati dan kunci kontak posisi off. Kemudian lepaskan kabel massa aki motor (biasanya kabel warna hitam). Lalu hubungkan arus positif (+) dari amperemeter menuju kabel massa dan jarum negatif (-) amperemeter ke terminal negatif (-) accu motor. Kemudian lihat pada avometer, maksimal kebocoran yang diperbolehkan adalah 0,1mA, bila melebihi angka tersebut, kemungkinan ada hubungan singkat atau ada arus yang keluar.
  • Sel-sel Aki Basah Rusak
Sel aki basah yang sudah buruk akan membuat aki motor tidak bisa menyimpan listrik. Hal ini bisa diakibatkan oleh umur aki yang sudah melebihi batas dan sering kehabisan air aki.
  • Kiprok Motor Rusak
Kiprok sendiri fungsi utamanya ialah mengatur jumlah arus listrik dari generator (sepul motor) untuk mengisi aki. Besarnya daya dari spull motor sangat tergantung dari putaran mesin, semakin tinggi putaran mesin semakin tinggi pula tegangan yang dikeluarkan. Jika kiprok motor tidak bisa menahan bahkan sudah rusak, maka aki akan overcharging, penyebab aki cepat panas.
  • Terlalu Banyak Terpasang Variasi Motor
Penambahan aksesoris motor seperti: lampu variasi, klakson variasi atau bisa juga alarm, itu akan membuat aki tekor dan cepat soak. Perangkat elektronik tambahan dan lainnya bisa mengurangi masa pakai aki. Apabila ingin melakukan penambahan aksesoris terkait kelistrikan, maka kapasitas aki pun mesti disesuaikan ataupun diganti dengan ampere yang lebih besar.

Cara Memperbaiki Aki Basah Motor dengan Bodrex

Cara Memperbaiki Aki Basah Motor dengan BodrexCara Memperbaiki Aki Basah Motor dengan Bodrex
Memperbaiki Aki Basah Motor dengan Bodrex
Mungkin kata-kata cara perbaiki aki basah motor dengan Bodrex terbilang sangat tidak masuk akal, namun trik ini terbilang cukup jitu untuk memulihkan kondisi accu motor yang soak. Dan sudah banyak yang mempraktekkan nya, hasilnya juga lumayan bisa mengirit dan tak harus membeli aki baru. Seperti apa langkah cara memperbaiki aki yang tekor dan lemah?, langsung saja simak ulasannya berikut ini.
Simak lebih detail: Cara Merawat Aki Motor Agar Tetap Prima
Sebelum melakukan operasi pada aki yang rusak, persiapkan terlebih dahulu bahan yang dibutuhkan, diantaranya:
  1. Aki Motor yang sudah soak dan rusak.
  2. Peralatan seperti obeng atau seperlunya.
  3. 2 botol Air accu Zuur (warna kuning).
  4. Alat suntik (baru maupun bekas) yang penting bersih.
  5. Tablet Bodrex.
  6. Air panas.
  • Selanjutnya Langkah Cara Memperbaiki Aki Basah Motor yang Lemah dan Soak:
1. Lepaskan Aki dari motor agar lebih leluasa dalam eksekusi. Kemudian buka semua tutup aki, lalu buang semua air disetiap sel aki.

2. Setelah semua air aki lama terbuang habis, kemudian bilas dengan air panas yang sudah disiapkan tadi. Isi penuh setiap bagian sel aki, diamkan beberapa menit, ulangi beberapa kali hingga semua kotoran aki keluar semua.

3. Setelah dirasa sudah bersih, isi aki dengan air zuur hingga semua sel aki terendam. Setelah semua terisi, diamkan sejenak, hingga air aki zuur bereaksi memulihkan sel-sel yang dibilas dengan air panas tadi.

4. Setelah proses penetralan sudah selesai, buang kembali air aki zuur tadi hingga tak bersisa.

5. Kemudian isi kembali dengan air zuur dengan bantuan suntikan yang berisi air. Lalu tambahkan 1/5 tablet bodrex yang sudah dihaluskan, usahakan setiap 1 sel aki motor mendapat jatah 1/5 tablet Bodrex saja.

6. Jika semua sel sudah terisi dengan Bodrex, isi kembali dengan air zuur sesuai dengan batas maksimal air aki. Biasanya terdapat tulisan Upper diatas garis batas pengisian air aki.

7. Apabila semua proses tadi sudah dilakukan, langkah terakhir ialah proses penyetruman (charger aki). Cas aki motor kira-kira 2 hingga 3 jam lamanya, dan sekarang accu motor yang soak dan tekor tadi sudah bisa digunakan.

Pasang kembali aki pada motor brader, sambungkan kabel massa (kabel warna hitam) dan kabel pengisian (kabel warna merah) ketempatnya. Ingat! jangan sampai terbalik kabelnya.
Simak juga ulasan: Cara Memperbaiki Aki Kering Tekor, Soak dan Ngedrop
Begitulah Cara Memperbaiki Aki Basah Motor yang rusak dan sering tekor dengan mudah, semoga tips diatas bisa bermanfaat untuk sobat OtoBiker. Terima Kasih.

0 Response to "Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Tekor dan Soak"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di OtoBiker.com, silahkan berkomentar dengan sopan.