Cara Memperbaiki Aki Kering Tekor, Soak dan Ngedrop

Cara Memperbaiki Aki Kering - Memiliki kendaraan bermotor merupakan hal yang mnyenangkan, selain bisa menunjang aktifitas sehari-hari, sepeda motor juga bisa sebagai sarana penyalur hobi. Hobi yang berkaitan dengan motor antara lain, touring, modifikasi motor, dan memacu adrenalin dengan memacu laju motor dengan kecepatan tinggi. Untuk hobi yang terakhir harap para sobat biker untuk selalu mengenakan pelindung Safety Riding yang memadai, untuk menghindari hal-hal yang tak di inginkan.

Namun mempunyai motor juga bukan hanya soal hanya asal pakai saja, kondisi dan performa juga harus diperhatikan dan memerlukan perawatan yang rutin. Salah satu yang paling sering dilupakan ialah mengecek kondisi Aki motor.

Karena Spareparts satu ini merupakan yang terpenting untuk memenuhi kebutuhan sistem kelistrikan secara menyeluruh. Yang paling utama ialah untuk memutar dinamo starter atau elektrik starter pada motor, agar dinamo starter bisa bekerja dengan sempurna membutuhkan daya arus listrik yang cukup besar.
Cara Memperbaiki Aki Kering Tekor, Soak dan Ngedrop
Cara Memperbaiki Aki Kering
Oleh karena itu dibutuhkan Accu motor dengan kondisi yang prima, baik itu tipe aki basah motor maupun aki kering yang biasa disebut MF Battery (Maintenance Free Battery). Agar aki motor bisa menyuplai listrik dengan baik dan sempurna brader harus melakukan pengecekan dan cara merawat aki kering motor secara berkala. Agar aki kering motor brader dapat berfungsi dengan baik, awet, tahan lama dan tidak mudah soak maupun ngedrop.

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor

cara memperbaiki aki kering gs
Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak Parah
Dengan mengetahuiu Cara Memperbaiki Aki Kering yang lemah, soak dan tekor bahkan sudah mati tentu akan menjadi keuntungan tersendiri. Dimana saat ini sudah banyak kendaraan bermotor telah menggunakan accu kering. Karena jenis aki seperti ini memang lebih efisien serta bebas perawatan karena tidak lagi memerlukan pengisian air accu.

Kelebihan tipe aki kering ialah lebih praktis dan efisien serta tahan lama dan memiliki performa yang sangat tinggi. Karena MF Battery tersebut menggunakan separator khusus yang tahan terhadap korosi. Meski harga aki kering lebih mahal dari jenis aki basah yang sudah banyak dijual di toko-toko onderdil motor.

Meski terkenal lebih awet dan tahan lama, namun kenyataan yang ada bahwa semua komponen onderdil motor memiliki masa atau daya tahan yang terbatas. Dengan jangka waktu tertentu aki kering maupun aki basah motor semuanya akan mengalami kerusakan dan harus diganti dengan aki baru.

Akan tetapi daya tahan umur aki kering motor serta umur aki basah motor bisa saja melebihi batas waktu yang telah ditentukan, dengan kata lain, umur aki motor bisa lebih awet dan tahan lama. Asalkan brader selalu merawat secara berkala dengan memeriksa kondisi aki motor kesayangan brader.

Penyebab Aki Motor Cepat Drop dan Lemah

Ada beberapa faktor penyebab aki kering motor tekor dan juga penyebab aki motor panas yang perlu diperhatikan agar hal tersebut tidak benar-benar terjadi pada aki motor kesayangan diantanya:
  • Pengisian Aki Motor Lemah
Semua aki kering dan aki basah, keduanya selalu memerlukan perawatan yang berkala. Merawat aki dalam masa pemakaian untuk mendapatkan masa pakai yang lebih lama dan awet. Baik itu motor ataupun mobil, jika dalam waktu yang lama mesin jarang dipakai atau dinyalakan, hal ini dapat menyebabkan aki motor cepat drop dan soak.

Karena pengisian aki yang kurang maksimal dan salah satu penyebab aki motor cepat drop. Meski kendaraan jarang digunakan, untuk menjaga agar aki lebih awet, langkah terbaik ialah dengan cara memanasi atau menghidupkan mesin motor 1 kali sehari selama 10 menit, lebih lama lebih baik.
  • Kerak Terlalu Banyak
Banyaknya kerak yang menempel pada kutub negatif maupun kutub positif ialah penyebab aki motor tidak bisa mengisi dengan sempurna. Kebersihan aki motor akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk daya tahan baterai motor. Minimal sebulan sekali untuk selalu membersihkan kerak yang ada pada sel aki, akan menghindarkan dari penumpukan kerak sebagai penyebab aki kering motor tekor dan akan dapat menyebabkan konsleting sumber penyebab aki motor panas sehingga aki mudah soak dan lekas mati.
  • Konslet
Cek selalu kondisi sekring motor (fuse) sebagai alat pengaman kelistrikan semua kendaraan bermotor. Sekring motor ini sangat penting karena akan memberikan keamanan untuk aki jika terjadi konsleting pada rangkaian elektronik mesin juga lampu lampu kendaraan.

Tips dan Cara Memperbaiki Aki Kering yang Soak

Sebelum memulai cara memperbaiki aki kering yang tekor, soak, ngedrop dan lemah dengan suntikan. Persiapkan dahulu beberapa bahan dan perlengkapan diantaranya:
Lihat juga ulasan: Jenis dan Merk Aki Motor Terbaik Paling Laris

1. Air Accu Zuur (warna kuning)
Gunakan air accu zuur (untuk aki baru) bukan air accu yang berwarna putih. Karena air aki yang putih adalah khusus untuk manambah, sedangkan air zuur(warna kuning) hanya dikhususkan untuk pengisian aki baru.

2. Alat untuk Membuka Tutup Aki Kering
Gunakan obeng atau alat lainnya untuk mencukit dan membuka tutup aki yang sedikit lebih rekat.

3. Suntikan
Berguna untuk menyuntikan dan menambah air accu pada aki kering motor.

4. Lem Alteco Atau Sejenisnya

Jika bahan tersebut sudah lengkap, selanjutnya ialah tahapan Cara Memperbaiki Aki Kering motor yang lemah maupun soak. Langsung saja simak step by step eksekusinya berikut ini:
Simak lebih lengkap: Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Tekor dan Soak
  • Langkah pertama cara memperbaiki aki kering motor yaitu, lepaskan aki pada motor terlebih dahulu, agar memudahkan dan leluasa untuk membongkar tutup aki.
  • Cukit dengan hati-hati tutup bagian atas, biasanya tutup ini sangat rapat dan agak susah dilepas, karena memang di harus rapat agar tidak ada kebocoran. Jika penutup aki sudah terlepas, brader akan melihat beberapa lubang, biasanya 6 lubang atau lebih. Tergantung besar ukuran aki kering tersebut.
  • Lalu isi suntikan yang sudah disiapkan dengan air aki zuur, kemudian suntik lubang aki yang sudah terbuka tadi. Isi perlubang antara 1 hingga 2 cm, usahakan jangan terlalu penuh hingga tumpah. Karena jika sampai tumpah, bersihkan dengan kain lap, karena jika tidak dibersihkan dengan benar maka akan menyebabkan kerak di kemudian hari.
Jika langkah terakhir sudah selesai, lalu tutupkan kembali penutup aki yang terlepas tadi. Tutup dengan rapat seperti semula agar tak terjadi kebocoran.
  • Kemudian beri lem alteco secukupnya agar benar-benar rapat, ingat! jangan sanpai ada kebocoran, karena jika sampai terjadi kebocoran akan mengakibatkan bahaya konsleting hingga terjadi ledakan pada aki kering.
  • Jika semua Cara Memperbaiki Aki Kering soak sudah selesai, langkah terakhir adalah saatnya pengecasan aki kering yang sudah di servis tadi. Untuk brader yang tak punya alat charger aki motor atau malas pergi ke tempat pengecasan aki, jangan kuatir. Brader bisa melakukan pengisian daya dengan cara ngecas aki kering menggunakan motor sobat.
Caranya cukup mudah, pasang kembali aki yang sobat lepas tadi pada motor. Sambungkan kabel massa dan kabel 12 volt pada tempatnya, jangan sampai tertukar ya bray.

Setelah dirasa sudah betul dan benar, lalu hidupkan motor brader dengan menggunakan Kick Starter (engkol). Jangan gunakan elektrik starter dulu, karena setrum aki belum sepenuhnya terisi. Jika mesin motor sudah menyala, seting karburator motor dengan menaikkan setelan stasioner motor, tahan di angka 1 ribu RPM. Tunggu hingga 15 sampai 20 menit lamanya.
Simak juga ulasan: Cara Merawat Aki Motor Agar Tetap Prima
Begitulah tips dan Cara Memperbaiki Aki Kering yang lemah dan soak, selain menggunaka langkah diatas masih ada trik lainnya dengan cara memperbaiki aki kering dengan Bodrex. Namun untuk cara memperbaiki aki basah menggunakan Bodrex akan kami bahas pada artikel berikutnya, semoga bermafaat dan Terima Kasih.

0 Response to "Cara Memperbaiki Aki Kering Tekor, Soak dan Ngedrop"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung di OtoBiker.com, silahkan berkomentar dengan sopan.